Jumat, 17 Oktober 2014

Pasang Surut Berlanjut Kearifan Lokal

Menurut Ardhana (2005), kearifan lokal dapat diartikan sebagai perilaku bijak yang selalu menggunakan akal budi, pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki masyarakat dalam suatu wilayah geografis tertentu. Dalam kearifan lokal ada karya atau tindakan manusia yang sifatnya bersejarah, yang masih diwarisi masyarakat setempat. Perilaku bijak ini biasanya adalah tindakan, kebiasaan atau tradisi, dan cara-cara masyarakat setempat yang menuntun untuk hidup tenteram, damai dan sejahtera.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dikenal sebagai penghasil lada putih yang dipasar internasional dikenal sebagai Lada Putih Muntok (Muntok white pepper). Selama ini, Babel yang merupakan salah satu daerah penghasil produk unggulan lada putih telah mengalami jatuh bangun dalam setiap perkembangannya. Masyarakat setempat telah terbiasa berkebun lada sejak tahun 1960-an. Maka, tak heran jika Belitung memiliki potensi pertanian yang besar dibidang perkebunan. Dalam proses pengembangannya pun, pemerintah setempat tidak mengalami banyak kesulitan karena merupakan kebiasaan masyarakatnya. 

Namun, perkebunan lada di Babel pernah mengalami masa surutnya. Hal ini disebabkan oleh potensi pertambangan yang juga tak kalah besar di Babel. Masyarakat lebih memilih mencari hasil tambang berupa timah yang lebih cepat menghasilkan uang ketimbang berkebun lada yang membutuhkan ketekunan dan keuletan. Sayangnya, timah tidak selamanya dapat diharapkan karena semakin hari semakin memberikan dampak buruk bagi masyarakatnya sendiri. Timah yang tersedia dialam pun semakin mengalami penipisan hingga sulit dicari.

Dalam beberapa tahun terakhir, produksi lada putih di Babel menurun dengan laju 7,4% per tahun. Penurunan ini disebabkan oleh tingginya fluktuasi harga lada, gangguan organisme pengganggu tanaman, dampak penambangan timah ilegal, dan pengembangan komoditas perkebunan lain. Selain empat faktor tersebut, penurunan produksi lada disebabkan oleh kelangkaan pupuk di pasaran-khususnya pupuk bersubsidi, yang dipicu oleh kesenjangan antara kebutuhan petani dan alokasi pupuk bersubsidi serta kebocoran akibat distorsi antara harga pupuk bersubsidi dan non-subsidi.  Sarana produksi pupuk menjadi faktor kunci sejalan dengan berubahnya sistem pertanian masyarakat Babel dari ladang berpindah menjadi ladang menetap.

Untuk mengembalikan kejayaan lada putih, pemerintah, perlu berkontribusi. Intervensi pemerintah dapat dilakukan melalui kebijakan ‘command and control’ untuk mengendalikan meluasnya tambang inkonvensional (TI) dan kebijakan subsidi. Kebijakan subsidi seyogyanya tidak terbatas pada subsidi pupuk dan benih, tetapi jenis subsidinya ditentukan secara partisipatif oleh petani sesuai kebutuhan dan kondisi spesifik lokasi pengembangan. Untuk menunjang keberhasilan, pembekalan perlu dilakukan pada para penyuluh lapangan. Inisiatif Pemerintah Provinsi Kep. Babel untuk membentuk Badan Pengelolaan, Pengembangan, dan Pemasaran Lada (BP3L) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menangani komoditas lada dari hulu sampai hilir perlu diapresiasi.

Sumber: http://babel.litbang.deptan.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=142:lada-putih-bangka-belitung-dari-kearifan-lokal-sampai-subsidi-&catid=64:workshop-revitalisasi-lada&Itemid=157

6 komentar:

  1. itu bukan kearifan lokal itu contoh pertanian di daerahmu,coba kembali baca apa itu kearifan lokal dan apakah masuk di materimu itu *peaceee

    BalasHapus
  2. pastingannya bermanfaat jadi lebih tau tentang kearifan daerah bangka belitung yaitu tentang lada putih yang sudah di ekspor kebeberapa negara. dari segtampilannya juga menarik sehingga diminati untuk dibaca, tapi akan lebih baik lagi kalau ditambah gambar lada putih bangka belitung.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Agesti !
    Postingnya bagus , masih sama tentang lada . Semakin menambah wawasan saya tentang Sahang . saya juga pengguna sahang loh hehehe
    Semoga kedepan makin rajin nge post ya ages !
    sekian , wassalam :)

    BalasHapus
  4. materinya bagus,coba di beri gambar biar lebih menarik

    BalasHapus
  5. coba merangkai dengan kalimat sendiri.... itu aja . postinganya baik dan menarik

    BalasHapus
  6. Mohon info lengkap harga Lada Putih Bangka ke saya gan

    BalasHapus